Metode Rekrutmen Karyawan di Era Milenial

jobline-blog-1
0

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis tahun 2016, dari total jumlah angkatan kerja di Indonesia yang mencapai lebih dari 160 juta orang, sebanyak 4% di antaranya adalah generasi millenial, tepatnya sekitar 62,5 juta orang.Pada dasarnya, generasi milenial tumbuh bersamaan dengan majunya teknologi dan informasi. Mereka terbiasa dengan sistem kerja cepat, praktis dan efisien. Dengan begitu, banyak hal yang dengan mudah dipelajari secara cepat melalui platform digital. Talenta yang berkembang pada kaum milenial pun lebih bisa diekspos. Mereka lebih menguasai banyak bidang dalam usia muda.

Beberapa dekade yang lalu, sebagian perusahaan melakukan rekrutmen karyawan dengan fokus pada kandidat atau sumber daya manusia itu sendiri. Pencari kerja pun, mempelajari sebuah bidang ilmu tertentu untuk kemudian mengadu keberuntungan di dunia kerja. Sumber data talentlyft menyebutkan bahwa metode pencarian kerja sejak tahun 2019 telah berubah. Perusahaan tidak memilih kandidat, tetapi bakat yang dimiliki berhasil membuat kandidat terpilih.

metode rekrutmen karyawan

Kemajuan bisnis dalam era digital memunculkan peluang kemampuan yang spesifik, seperti digital marketing design grafis, video dan fotografi, social media specialist dan sebagainya. Generasi milenial mempelajari peluang tersebut dan meningkatkan kesadaran akan trend yang berkembang untuk kemudian menjadikan diri mereka berkualitas dalam ilmu tersebut. Perusahaan tidak memilih bersadarkan kebutuhannya akan seorang tenaga kerja belaka, tapi lebih kepada talenta yang dimiliki seseorang. Tak jarang perusahaan bahkan menginginkan kandidat tertentu bahkan sejak dia masih bekerja di perusahaan lain.

Karena perubahan inilah, baik perusahaan maupun pencari kerja harus mengubah pandangan. Keduanya harus mengubah citra diri, agar proses rekrutmen menjadi lebih berkualitas. Perusahaan mencari kandidat dengan peluang talenta yang dibutuhkan di era milenial, seorang kandidat pun dapat menyesuaikan diri dengan tren yang berkembang.

Sumber data : Talentlyft.com
Infografik : Rappler.com

Related Blogs

  • Jan 1, 1970
    Pengertian Rekrutmen (Recruitment) dan…

    Pengertian Rekrutmen (Recruitment) dan Sumber-sumber Rekrutmen – Sumber daya Manusia merupakan sumber daya terpenting dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Setiap organisasi memerlukan manusia untuk mengoperasikannya. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya, diperlukan suatu proses MSDM yang dinamakan dengan rekrutment atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Recruitment. Rekrutmen adalah proses untuk mencari dan menarik pelamar yang berkemampuan untuk diseleksi menjadi karyawan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Proses Rekrutmen ini dimulai dengan mencari calon pelamar dan berakhir dengan diserahkannya surat lamaran kerja pelamar ke organisasi yang melakukan rekrutmen.Setelah Rekrutmen, proses selanjutnya adalah proses penyeleksian pelamar kerja hingga terpilihnya pelamar kerja tersebut menjadi karyawan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.   sumber dan metode rekrutmen Proses Rekrutmen ini dilakukan apabila ada departemen yang memerlukan karyawan baru, bisa dikarenakan adanya karyawan yang berhenti kerja ataupun adanya pekerjaan baru yang harus dikerjakan dan memerlukan penambahan karyawan. Rekrutmen karyawan untuk mengisi posisi yang masih lowong dapat dilakukan melalui dua sumber yaitu rekrutmen internal dan rekrutmen eksternal. Sumber Rekrutmen Internal Karyawan terbaik untuk mengisi posisi lowong bisa didapatkan dari internal perusahaan. Kekosongan posisi tersebut dapat diberikan kepada karyawan yang dinilai cocok sehingga dapat memotivasi karyawan yang bersangkutan maupun karywawan lainnya untuk bekerja lebih baik. Pengisian posisi secara internal ini dapat dilakukan dengan Promosi, Rotasi atau bahkan Demosi. Promosi adalah kenaikan jabatan. Rotasi atau Transfer adalah perpindahan jabatan pada level yang sama sedangkan Demosi adalah penurunan jabatan. Terdapat dua..

    0 Read More
  • Jan 1, 1970
    Pentingnya Executive Search Consultant…

    Definisi: Executive search berhubungan dengan pencarian calon potensial untuk posisi tingkat tinggi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Berbagai metode untuk merekrut eksekutif tingkat senior seperti memasang lowongan pekerjaan di papan loker atau dengan memasang iklan dianggap ketinggalan jaman. Oleh karena itu, kini perusahaan cenderung menggunakan perusahaan pencari eksekutif untuk merekrut calon tersebut dari luar perusahaan. Proses: Perusahaan atau organisasi yang menggunakan jasa executive recruitment harus memberikan penjelasan rinci tentang kandidat yang diinginkan. Deskripsi ini harus mencakup rincian kualifikasi serta pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam seorang kandidat. Pencarian kandidat yang “layak” dimulai dengan pencarian via database secara mendalam untuk para profesional dengan keterampilan yang dibutuhkan. Mereka menginformasikan kandidat yang memenuhi syarat tentang lowongan tersebut. Calon-calon ini kemudian diwawancarai. Setelah proses wawancara, headhunter membuat laporan tertulis masing-masing individu yang sudah diinterview untuk kemudian diberikan ke perusahaan klien. Kemudian kandidat terpilih diwawancarai oleh perusahaan klien. Jika kandidat yang tepat ditemukan maka pencarian diakhiri jika tidak dilanjutkan sampai ditemukan kandidat dengan spek yang sesuai. Jenis: Terutama ada dua jenis perusahaan pencari eksekutif yang dibedakan atas dasar pembayaran. Jenis yang pertama atau dikenal dengan sistem contigency, hanya dibayar ketika mereka menemukan kandidat yang dibutuhkan. Sementara executive search firm dengan sistem retained, dibayar berdasarkan jumlah jam yang dihabiskan oleh mereka dalam proses pencarian dan dibayar terlepas dari apakah mereka menemukan kandidat yang sesuai atau tidak. Kontrak terbatas: Klien yang menggunakan konsultan headhunter harus membayar biaya..

    0 Read More

Leave us a comment